Mitra

Mitra

Gerbang Betawi diperkuat oleh 5 pilar kerjasama, yaitu: Pemerintah (baik pusat maupun daerah), swasta, organisasi masyarakat, komunitas, dan Perguruan Tinggi. Pada saat deklarasi telah ditandatangani oleh beberapa MoU antara Gerbang Betawi dengan beberapa Instansi Pemerintah maupun swasta, meliputi: Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan DKI Jakarta.

Selain itu juga meliputi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik DKI Jakarta, dan PT. Jakarta Tourisindo.

MoU dengan Pemprov DKI sejalan dengan strategi pembangunan yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno ketika itu. Gerbang Betawi telah membentuk enam tim khusus untuk menggodok “Lima Usulan Kemitraan” sesuai dengan visi, misi dan filosofi Gerbang Betawi.

Keenam kemitraan tersebut terdiri dari Bidang Pendidikan, Bidang Budaya dan Pariwisata, Bidang Ekonomi Produktif dan Bidang Lingkungan Hidup. Adapun di bidang pendidikan mencakup ide-ide beasiswa, pelatihan SDM, Program Satu keluarga Satu Sarjana dan sebagainya. Sedangkan Bidang Budaya dan Pariwisata mencakup ide-ide memaksimalkan pengelolaan sentra-sentra Betawi seperti Setu Babakan, Condet, dan Gedung Eks Kodim. Juga ide memaksimalkan ikon-ikon budaya Betawi, seiring dengan amanat Perda dan Pergub Pelestarian Budaya Betawi.

Sementara itu di Bidang Ekonomi Produktif mencakup ide-ide pemperdayaan ekonomi masyarakat di kantung-kantung Betawi lewat program BMT, produkproduk kuliner, batik, dan Iain-Iain. Kemudian di Bidang Lingkungan Hidup mencakup ide-ide agrowisata dan ekowisata, pemeliharaan kawasan pinggir sungai dan kawasan-kawasan lainnya yang dianggap membutuhkan penataan.

Dengan adanya kerjasama tersebut masyarkat Betawi lebih dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar mereka berada. Dampak yang positif bagai masyarakat akan menghasilkan keberlangsungan masyarakat Betawi yang lebih baik untuk masa yang akan datang. Harapannya Gerbang Betawi dapat membangun dan mengembangkan masyarakat Betawi menjadi masyarakat yang bermartabat, unggul dan berakhlakul karimah.

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.